was successfully added to your cart.

Cart

Fungsi Pallet Dan Jenis Jenis Pallet Dalam Dunia Cargo

Fungsi pallet dalam dunia ekspedisi berperan penting untuk menjadi alas yang sangat berguna untuk memindahkan dan mengatur posisi barang yang harus diletakan. Palet sangat membantu di dalam proses bongkar dan muat, sehingga fungsi pallet penting di dalam mempercepat dan mengefisienkan kinerja dari operasional ekspedisi.

Apa yang terjadi apabila tidak ada pallet? nah apabila tidak ada pallet tentunya dalam hal operasional ekspedisi tentu akan menjadi lebih lambat, dan lebih banyak menggunakan energi. Jadi pallet ini menjadi hal vital di dalam operasional ekspedisi untuk lebih efektif dan efisien terhadap waktu dan biaya.

Berikut ini kita akan membahas lebih mendalam mengenai fungsi pallet dan jenis-jenis pallet yang digunakan di dalam dunia ekspedisi.

Fungsi Pallet :

Pallet adalah benda yang menjadi alas untuk menampung barang yang digunakan di dalam dunia ekspedisi. Pallet memiliki bentuk persegi atau persegi panjang mengikuti kebutuhan dari penggunanya, dan palet ini memiliki kaki sehingga dapat memudahkan forkliftHandstackerHandpallet, dan Crane di dalam mengangkut dan mengatur posisi atau letak barang. Fungsi pallet dalam dunia ekspedisi sangat memudahkan dan tentunya memberikan kemudahan dan juga dapat mempercepat waktu bongkar dan muatnya barang ke dalam maupun dari dalam.

Fungsi pallet juga dapat menjadi pelindung barang dari lantai atau alas bangunan yang kotor maupun basah, yang dapat menyebabkan kerusakan pada barang-barang ekspedisi lainnya. Sehingga adanya pallet menjadi syarat penting bagi bisnis ekspedisi mengingat fungsi pallet yang penting.

Jenis-jenis Pallet :

  • Jenis Pallet Berdasarkan Arah Celah
  1. Pallet 2 Arah:
    Pallet ini memudahkan forklift ataupun alat bantu lainnya dalam membawa barang dari 2 arah celah yang ada pada pallet, yaitu sisi depan dan sisi belakang pallet.
  2. Pallet 4 Arah :
    Pallet 4 arah sebenernya tidak berbeda jauh dari pallet 2 arah, hanya pada pallet ini forklift atau alat bantu lainnya dapat mengambil lebih banyak daripada sisi pallet itu sendiri, seperti sisi depan, belakang, kanan dan juga kiri.
  • Jenis Pallet Berdasarkan Bahan Material Pembuatnya
  1. Pallet Kayu :
    Pallet kayu adalah pallet primadona di dalam ekspedisi di Indonesia, karena jenis pallet ini paling banyak digunakan oleh perusahaan ekspedisi di Indonesia. Kenapa begitu?, Karena pallet ini pembuatannya terbilang cukup mudah dan kayu yang menjadi bahan bakunya mudah dicari dan tersebar di banyak tempat. Pallet kayu paling banyak ditemui terbuat dari kayu jati belanda dan juga kayu mahoni, namun tidak menutup kemungkinan dibuat dengan bahan kayu lainnya.
  1. Pallet Plastik :
    Pallet Plastik merupakan pallet yang diproduksi di pabrik plastik, dengan bentuk dan ukuran tergantung dari cetakan pabrik. Pallet ini dikatakan paling memungkinkan untuk tahan lama karena pallet ini memiliki kelebihan bahannya yang awet dan tidak mudah rusak akibat terendam air maupun gangguan suhu sekalipun. Sehingga pallet ini biasanya digunakan untuk menggangkut makanan dan minuman.
  1. Pallet Kardus :
    Nah sobat, di dunia ekspedisi ada juga loh pallet yang terbuat dari kardus. Walaupun terbuat dari kardus, pallet kardus ini dapat menahan beban yang besar sob. Terlebih lagi dibandingkan dengan pallet lainnya, pallet ini dikatakan sebagai pallet yang ramah lingkungan loh sob, karena bahannya dapat di daur ulang, walaupun pada kenyataannya, pallet ini masih jarang digunakan oleh ekspedisi di Indonesia.
  1. Pallet Logam :
    Pallet logam sesuai dengan bahannya merupakan pallet yang paling kuat dibandingkan dengan jenis pallet lainnya mengingat bahannya terbuat dari logam. Namun sesuai namanya, pallet logam adalah pallet yang dapat dikatakan mahal karena bahan utamanya bisa dikatakan bahan yang mahal. Dan tidak berbeda dari pallet kardus, pallet logam masih jarang digunakan untuk keperluan ekspedisi karena pada dasarnya ekspedisi memerlukan pallet sebagai bentuk efisiensi terhadap biaya.

Leave a Reply